5 Tips untuk Cegah Virus Corona versi WHO

  • Whatsapp
Ilustrasi Net

Pandemi virus corona membuat dunia panik. Jumlah kasusnya bertambah setiap hari. Laporan dari Worldmeter.com, Kamis (2/4/2020), terdapat 940.753 kasus, dengan jumlah korban meninggal 47.519 jiwa, dan 196.221 lainnya sembuh.

World Health Organization (WHO) mengeluarkan pernyataan, virus corona bukan lagi wabah tapi pandemi, dan harus dilawan bersama-sama. Untuk menekan angka kasus virus corona, WHO juga mengeluarkan imbauan untuk menjaga kesehatan. Apa saja itu?

Read More

1. Cuci Tangan

Tak asal mencuci tangan, tapai harus menggunakan sabun. Dengan mencucui pakai sabun di sela-sela jari, juga seluruh tangan, bisa membuat kumat atau virus terperangkap hingga mati. Kemudian, bilas dengan air bersih. Setidaknya, mencuci tangan minimal 20 detik.

2. Physical Distancing

Saran WHO juga telah menjadi imbauan pemerintah Indonesia, melakukan physical distancing atau social distancing. Setidaknya, berada 1 meter dari orang lain. Hal itu dilakukan untuk mencegah agar virus corona tak menempel.

3. Jangan Pegang Mata, Hidung dan Mulut

Menyentuh wajah, hidung dan mata adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang-orang setiap harinya. Alasannya, virus bisa masuk dari mata, hidung, atau mulut. Untuk menyentuhnya, disarankan gunakan tisu.

4. Jangan Lupa, Tutup saat Bersin dan Batuk

Saat bersin atau batuk tutup menggunakan bagian dalam siku bukan telapak tangan. Alasannya, sentuhan di daerah siku pun relatif jarang, risiko penularannya pun berlurang. Kalau menggunakan tangan, disarankan menggunakan sapu tangan atau tisu.

5. Di Rumah Aja

Virus corona bisa mati apabila memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Akan tetapi, orang tersebut bisa menjadi carrier dan menularkan virus ke orang lain. Apabila virus menginfeksi orang yang daya tahan tubuhnya lemah, maka bisa menyebabkan penyakit. Untuk itu, disarankan untuk tetap berada di rumah. Imbauan pemerintah pun juga “di rumah aja”, dan menerapkan work from home.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *